Jumat, 01 Juli 2011

Mengubah Tampilan Linux Ubuntu

Kali ini kita akan coba membahas langkah - langkah untuk mengubah tampilan linux Ubuntu. Tetapi sebenarnya trik ini juga bisa digunakan pada distro linux yang lain seperti debian dan keturunan gnome yang lainnya. Saat ini banyak orang menilai bahwa tampilan OS linux kalah dari windows vista atau Mac OS. Tetapi dengan tips mengubah tampilan linux sederhana ini, OS linux yang semula mempunyai GUI yang membosankan bisa kita ubah menjadi lebih gres atau lebih indah. Ya itung2 mempercantik linux lah.

Rata-rata distro linux sekarang ini memeiliki tampilan yang standar dan ada beberapa diantaranya sudah menyertakan efek Compiz Fusion pada OS nya. Salah satu kelebihan fitur compiz fusion adalah mampu berjalan di hardware yang sudah tua. Saya pernah menginstal distro mandriva one 2008.1 di sebuah sistem Intel Pentium 4 3,06 Ghz, intel 865G, 256MB PC-2700 dan compiz fusion mampu berjalan dengan baik pada distro tersebut, tetapi perlu diingat, sistem diatas hanya menggunakan VGA onboard intel extreme graphics 2 yang performanya kurang. Apalagi Vista Aero, tentu tidak mungkin bisa kita install pada kondisi tersebut.


Silahkan langsung saja lihat screenshot dibawah ini :

Tidak kalah kan dengan tampilan OS windows atau macintosh? Caranya yaitu :

Pertama, kita download theme untuk gnome di www.gnome-look.org. Kita bisa pakai theme GTK atau Emerald theme, kalau kita ingin memakai theme emerald jangan lupa menginstall dulu paket-paket yang berkaitan.

Kedua, kita install dock seperti dibawah ini :

Cara installnya, masuk ke teminal/konsole dengan catatan repository telah terkonfigurasi dengan baik. Ketik perintah seperti di bawah ini :

$ su

perintah untuk menjadi super user. setelah itu masukan passwordnya.

Untuk menginstal dock, ketik perintah dibawah ini :

# apt-get install avant-window-navigator

setelah itu sistem akan menginstalnya, setelah selesai, kita bisa menambah icon quick launch-nya dengan mudah, cukup drag n drop saja. Untuk efek di dock-nya bisa kita pilih di preference-nya dan bisa di-custom sesuai selera, warna-warnanya pun bisa diganti.

Berikutnya adalah menginstal aplikasi untuk menampung aplikasi mini yang mirip gadget di windows vista, linux punya gdesklets atau screenlets. Yang saya pakai diatas adalah screenlets. Cara instalnya sama seperti menginstal aplikasi dock sebelumnya, dengan perintah:

# apt-get install screenlets

maka screenlets terinstal di linux kita, cukup mudah. Untuk screenlets yang akan ditampilkan bisa dikonfigurasi sesuai selera kita masing2, jika ingin screenlets yang lain bisa kunjungi sius www.gnome-look.org tadi. Sebenarnya menginstall program tadi melulu dengan console, bisa juga kita gunakan synaptic package manager agar lebih mudah. Tetapi buat yang sudah bias coding saya rasa tidak akan kesulitan.

Sekian artikel saya tentang Mengubah Tampilan Linux Ubuntu, mudah - mudahan bisa membantu mengurangi alergi anda terhadap GUI linux dan dapat mempercatik tampilan linux anda jadi seperti :


Semoga bermanfaat,

0 komentar:

Poskan Komentar

thank you

Tukar link gratis

Daftar link
By enda fiVers
Fivers

Welcome To My Blog

Welcome To My Blog, semoga sobat blogger bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan di blog saya ini.Silahkan berkomentar dan follow juga blog saya,

About Me

Saye sumaye,Sekarang sedang menjalani kulyah S1 (semester 2)Sistem Komputer Di STIMIK STIKOM BALI

Social Stuff

Me hostgator coupon code