Sabtu, 21 Mei 2011

Kisah Sukses Pendiri Yahoo


Jerry Yang & David Filo

Mungkin, mulanya cuma iseng. Kini, Yahoo meraup keuntungan puluhan juta dolar. Jerry yang dan David Filo ketika pertama kali, April 1994, meng-on line-kan Yet Another Hierarchical Olficious Oracle (Yahoo) di Internet mungkin belum menyadari kalau upayanya itu akan mendatangkan keuntungan yang mencengangkan. Dibisniskan setahun kemudian, salah satu site alat pencari (search tools) itu memang paling beken di kalangan pengakses Internet. Karenanya, walaupun bisa diakses secara gratis, berkat iklan yang terpasang, keuntungan yang diperoleh terus meningkat setiap tahun.
Kini, Yahoo Inc. (Nasdaq: Yhoo) pada kuartal kedua yang berakhir 30 Juni 1997 saja sudah meraih pendapatan total US$ 1 3,520 juta. Padahal, sampai akhir 1995, penghasilan yang diperoleh baru US$ 1,4 juta, meningkat secara drastis menjadi US$ 19,1 juta pada akhir 1996. Pendapatan itu berkat meningkatnya pemasang iklan, yang pada akhir 1995 baru 55 buah, menjadi sebanyak 550 pada akhir 1996. Para pemasang iklan tahu: pengakses Yahoo selalu bertambah. Lihat saja: data Februari 1996, baru enam juta per hari (page views); akhir tahun yang sama sudah melonjak menjadi 20 juta.
Bicara angka yang meningkat tajam pada perusahaan yang didirikan Jerry Yang, keturunan Taiwan, yang lahir dan dibesarkan di San Jose, California, Amerika Serikat (AS), itu seperti tidak berkesudahan. Ibarat pembaca koran, jumlah pengunjung Yahoo, yang Maret lalu masih 30 juta per hari, akhir Juni lalu sudah melonjak lagi menjadi 38 juta. Jumlah itu tentu saja mendudukkan Yahoo menjadi perusahaan petunjuk dan pencari data melalui layanan Internet terbesar di dunia dalam enam kuartal terakhir. Pengguna jasa terbesar Yahoo adalah para pemilik komputer di AS, 37,2 persen. Kemampuannya mungkin baru bisa disusul perusahaan sejenis, seperti Excite Network dan Lycos.
“Perkembangan dan peningkatan frekuensi penggunaan Yahoo selama kuartal kedua tahun ini terus meningkat dengan menakjubkan,” kata Tim Koogle, Direktur Utama Yahoo, kepada majalah Fortune. Yahoo, kata Tim, berupaya terus untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas layanan kepada konsumen.
Selain jasa layanan petunjuk mencari data, kini Yahoo pun menambah jalur layanan baru, mulai dari layanan keuangan, layanan akses, sampli ke layanan traksaksi perdagangan antara lain layanan pemesanan tiket dari berbagai biro perjalanan.
Perusahaan media Internet yang menawarkan layanan jaringan kerja secara global itu, selain memberikan jasa lalu-lintas informasi, iklan, dan informasi kebutuhan rumah tangga, juga mulai masuk ke layanan jasa masyarakat, termasuk iklan baris dan petunjuk telepon (Yellow Pages).
Masuk Netscape
Jerry dan David yang mendapat gelar philosophiae doctor dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Stanford itu memiliki ide mengembangkan sistem Yahoo ketika keduanya mulai berminat untuk mengutak-atik layanan Internet. Ketika itu, keduanya menemukan, pencarian informasi dan data melalui jalur Internet terlalu panjang dan bertele-tele, sehingga menyulitkan penggunanya. Karenanya, muncullah idenya untuk menyederhanakan sistem petunjuk dan penuntun mencari data itu melalui sistem yang ia kembangkan dan diberinya nama Yahoo!.
Melalui Yahoo, para pengguna Internet akan mendapatkan cara yang semakin sederhana dan efisien untuk mencari data dan informasi yang diperlukan, terutama dalam hal mengindentifikasi masalah maupun untuk memilih artikel informasi yang dikehendaki.
Perusahaan yang sejak 17 April 1996 masuk ke lantai bursa dengan harga penawaran perdana US$ 8,6 per saham itu kini memiliki karyawan sekitar 239 orang. Penghasilan utamanya sendiri berasal dari layanan iklan, mulai dari banner di layar Internet Yahoo, pesan sponsor, sampai kata-kata kunci iklan dari pemasang iklan.
Pengembangan Yahoo juga tidak terbatas di AS saja. Kini, perusahaan yang bermarkas besar di Santa Clara, California, itu selain memiliki Yahoo di sejumlah negara Eropa, seperti Jerman dan Prancis, juga di Jepang dan Korea yang ditulis dalam huruf setempat. Site yang menggunakan alamat http://www.yahoo.com itu akan menghadirkan Yahoo di Asia Tenggara, di Singapura, bekerja sama dengan perusahaan Sembawang Media Pte. Ltd.
Dari segi isi, Yahoo juga mengembangkan sedikitnya dua jenis yang berbeda: Yahooligans!, ditujukan untuk anak remaja; dan Beatrice’s Web Guide (http://www.bguide.com), ditujukan untuk kaum perempuan.
Namun, keberuntungan Jerry dan David tentu saja tidak bisa dilepaskan dari jasa Marc Andreessen, penemu jasa layanan Netscape Communications. Awal tahun 1995, Andreessen menawarkan Filo dan Yang agar memindahkan arsip dan sistem perangkat lunah yang ditemukannya itu masuk ke fasilitas komputer yang lebih besar di Netscape. Setelah on line melalui Netscape, jaringan komputer milik Stanford ketika itu kembali berjalan normal. Ternyata, masuknya sistem Yahoo melalui jaringan Netscape menguntungkan kedua belah pihak, baik Marc Andreessen ataupun Jerry-David. Jaringan dan layanan Netscape semakin luas dan efisien, sementara sistem layanan perangkat lunak Jerry dan David bisa diakses melalui Netscape.
Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968) adalah usahawan Amerika-Taiwan, pengusul bersama Yahoo! Inc dengan David Filo, serta Ketua Pegawai Eksekutif untuk serikat tersebut. Ia juga merupakan salah satu dari dua Ketua Yahoo! dan pengarah lembaga syarikat.
Dilahirkan di ibu kota Taipei, Taiwan pada 6 November 1968, Yang pindah ke San Jose, California pada usia sepuluh tahun, bersama ibu dan saudara lelakinya. Ayahnya meninggal ketika Yang berusia dua tahun. Dia mendakwa bahwa walaupun ibunya merupakan seorang guru Inggris, dia hanya tahu satu perkataan Inggris ketika berpindah ke Amerika. Menguasai bahasa Inggris hanya dalam tiga tahun, dia kemudiannya diletakkan dalam kelas Advanced Placement Program (AP).
Yang menamatkan Sekolah pertengahan Sierramont, dan Sekolah Menengah Piedmont Hills, dan seterusnya menerima Ijazah Sains (B.S.) dan Ijazah Lanjutan Sains (M.S.) dalam jurusan elektrik dari Universitas Stanford, di mana dia merupakan ahli fraterniti Phi Kappa Psi.
Ketika belajar dalam Jurusan Eletrik di Universitas Stanford, dia bersama David Filo pada April 1994 halaman Internet yang terdiri dari panduan kepada halaman web lain yang dikenal sebagai “Jerry’s Guide to the World Wide Web”. Ia dinamakan sebagai Yahoo, backronym bagi “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”, tetapi Yang dan Filo bertegas bahwa mereka memilih nama tersebut karena mereka suka definisi umum yahoo: “kasar, ringkas, tidak terurus”. Yahoo menjadi amat popular, Yang dan Filo menyadari potensi perniagaan dan bersama menumbuhkan Yahoo! Inc. pada April 1995.
Yang menikah dengan Akiko Yamazaki, yang dibesarkan di Costa Rica. Dia merupakan lulusan Universitas Stanford dengan ijazah dalam jurusan industri. Dia bertemu Akiko Yamazaki dalam program luar negara Stanford di Kyoto pada 1992.
Yang kini merupakan ahli Lembaga Pengarah bagi Alibaba, Asian Pacific Fund, Cisco dan Yahoo! Jepang, dan juga Lembaga Amanah Universitas Stanford.
Pada February 2007, Jerry Yang dan isterinya menjanjikan USD $75 juta kepada Universitas Stanford, almamater mereka, sebagian besar darinya akan diperuntukkan bagi membangun bangunan alam sekeliling baru di kampus.
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc. yang dirintis oleh oleh David Filo dan Jerry Yang. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Dua mahasiswa teknik tersebut mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan

0 komentar:

Posting Komentar

thank you

Tukar link gratis

Daftar link
By enda fiVers
Fivers

Welcome To My Blog

Welcome To My Blog, semoga sobat blogger bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan di blog saya ini.Silahkan berkomentar dan follow juga blog saya,

About Me

Saye sumaye,Sekarang sedang menjalani kulyah S1 (semester 2)Sistem Komputer Di STIMIK STIKOM BALI

Social Stuff

Me hostgator coupon code