Sabtu, 28 Mei 2011

Tips Agar Mata Tidak Lelah Menatap Monitor


Metrogaya-Komputer maupun laptop sudah bukan barang asing dan aneh yang dibutuhkan setiap orang untuk mempermudah aktifitas sehari-haripada saat ini.Pengguna komputer dan laptop betah melototi layar monitor tidak hanya satu atau dua jam, ada yang betah sampai satu hari penuh.Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobatinya.Monitor komputer akan menyebabkan mata lelah, nyeri punggung,bahu dan leher. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan dan ketegangan mata saat bekerja didepan komputer maupun laptop. Di bawah ini beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kelelahan itu :
  • Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya. Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja, jangan terlalu terang hingga menyilaukan mata.Jangan dalam ruangan gelap atau redup.Usahakan agar ruangan cukup terang agar mata tidak bekerja terlalu keras.
  • Perhatikan posisi monitor hingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan tubuh dan pandangan mata.Hal ini selain agar tidak melelahkan mata, menjaga agar bahu dan leher cukup nyaman bekerja.
  • Jaga jarak pandang antara monitor dan wajah sekitar 50-100 cm. Bila sulit melihat tulisan besarkan font hingga mata terasa nyaman membaca tulisan dilayar monitor.Untuk memperbesar atau memperkecil font bisa dengan cara menekan tombol "Ctrl" di keyboard kemudian geser slider mouse (yang ditengah) ke atas atau ke bawah.Mata bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor.
  • Letakkan kertas kerja pada tempat yang mudah dibaca, bila bekerja menyalin atau membaca kertas kerja. Posisikan kertas kerja dalam jarak yang seimbang dengan monitor. Hal ini berguna agar tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja setelah membaca di layar monitor.
  • Gunakan layar monitor LCD. Jika menggunakan LCD, lebih kecil radiasinya terhadap mata daripada yang menggunakan layar tabung (CRT).
  • Atur monitor setting, gunakan pre-set display mode "text" atau "internet" yang lebih nyaman di mata daripada pre-set display mode "game" ataupun "movie".
  • Gunakan kacamata anti radiasi, kacamata ini dapat mengurangi rasa perih pada mata dari radiasi cahaya yang berlebih.
  • Istirahatkan mata secara berkala, usahakan mata diistirahatkan selama 5 menit dalam setiap jamnya.Pejamkan atau kerjap-kerjapkan, jangan kucek-kucek mata, namun sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata tetap basah dan sejuk.
  • Bila terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh, lakukan selama beberapa menit setiap 30 menit.
  • Gunakan filter monitor Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekadar meredupkan cahaya monitor.
  • Periksa monitor, apakah masih bekerja dengan baik? Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata terganggu. Selalu bersihkan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.
Semoga beberapa tips iini dapat membantu mengurangi kelelahan saat beraktifitas dengan komputer maupun laptop.
(ayoc/berbagai sumber)

0 komentar:

Poskan Komentar

thank you

Tukar link gratis

Daftar link
By enda fiVers
Fivers

Welcome To My Blog

Welcome To My Blog, semoga sobat blogger bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan di blog saya ini.Silahkan berkomentar dan follow juga blog saya,

About Me

Saye sumaye,Sekarang sedang menjalani kulyah S1 (semester 2)Sistem Komputer Di STIMIK STIKOM BALI

Social Stuff

Me hostgator coupon code