Sabtu, 05 Februari 2011

Menghilangkan Virus tanpa Anti Virus

Memakai komputer bersama-sama tentu merentankan media penyimpanan kita dari bermacam-macam virus. Sebelum ini flash disk saya yang berisi laporan-laporan riset terkena virus yang menyembunyikan file berekstensi .doc dan menggantikannya dengan file bernama sama tapi berekstensi .exe. Akhirnya si laporan riset ga bisa dibuka dan saya terpaksa mengetik ulang paper yang harus segera dikirimkan ke sebuah conference.
Biasanya sih, virusnya ngga seganas-ganas itu. Paling banter virus membuat file .exe dari nama-nama folder. Secara umum kalaupun file ini dihapus ngga akan berakibat apa-apa terhadap media penyimpanan kita. Makanya ketika anti virus mendeteksi adanya file berekstensi .exe dan diidentifikasi sebagai virus, saya langsung kasih command delete permanently.  Kala itu saya salah dan harus kehilangan file-file saya.
Virus lain yang ngga ganas, yaitu file bernama service.exe yang sering ngendon di recycle bin. File ini ngga bisa didetect oleh anti virus, paling banter file keluarannya yang bernama autorun.inf saja yang bisa didetek dan dihapus. Tapi, kalau komputernya sudah kena virus, biasanya si file autorun.inf akan terus menerus dibuat meskipun sudah dihapus berulang kali.
Kalo dapat virus macam ini, sebenarnya gampang saja. Asalkan bisa boot dari CD atau USB, virus bisa dihilangkan tanpa anti virus. Gimana caranya? Coba cari CD live linux atau versi usb disk drivenya. Booting melalui linux dan kemudian ke console / command prompt / terminal. Beraksi sebagai root, akseslah disk-disk yang memiliki virus.
Kalau komputer anda sudah terkena virus, coba periksa folder RECYCLER, apa ada file service.exe disalah satu sub directory nya ga? Kalau ada, komputer sudah terkena virus dan harus dibersihkan lewat console. Dengan bertindak seperti superuser / administrator, hapus saja folder RECYCLER beserta file/directory di bawahnya.
Contohnya misal, usb anda terkena virus dan anda sudah boot pakai Ubuntu linux. Anda aktifkan console lalu ketikkan
    > cd /media/usb > sudo rm -r RECYCLER
selain itu jangan lupa delete autorun.inf dengan perintah
> sudo rm autorun.inf
Untuk drive C nya juga sama, tapi biasanya ngga ada autorun.inf jadi cukup hapus folder RECYCLER yang merupakan folder recycle bin.
Mudah-mudahan berhasil

0 komentar:

Poskan Komentar

thank you

Tukar link gratis

Daftar link
By enda fiVers
Fivers

Welcome To My Blog

Welcome To My Blog, semoga sobat blogger bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan di blog saya ini.Silahkan berkomentar dan follow juga blog saya,

About Me

Saye sumaye,Sekarang sedang menjalani kulyah S1 (semester 2)Sistem Komputer Di STIMIK STIKOM BALI

Social Stuff

Me hostgator coupon code