Sabtu, 05 Februari 2011

Mengetahui Aneka Virus Komputer Anda

Semakin banyak perkembangan program-program bagus yg pesat saat ini tak di pungkiri berkembang juga program-program/software jahat yg merusak dan meresahkan semua pengguna komputer.Software jahat yg saya maksud disini adalah virus.Anda sudah familiar tentu dengan sebutan ini.
Virus dilengkapi dengan kode-kode jahat tertentu yang membuatnya bisa menyalin dirinya sendiri dan menyusup ke program lain untuk mengacaukan,mengacak,menyembunyikan bahkan yg parah menghapus file penting kita.
Umumnya virus merusak ke dalam komputer kita lewat media penyimpan data seperti flash disk,memory,hard disk,cd,dvd dan LAN/jaringan internet.
Awalnya sih virus di buat oleh orang yg ahli komputer,peneliti keamanan perusahaan dan lainnya yg sifatnya neliti-neliti gitu tujuan awal buat sesuatu yg positif cuma karena perkembangan teknologi yg semakin canggih sehingga banyaknya orang yg sudah mengerti bahasa pemograman akhirnya banyak orang yang iseng buat virus.ada juga yg menguji kemampuan IT nya numpang tenar dan masih banyak lagi modus lain.
Itu kembali kepada masing-masing aja ya,yg jelas sih hal ini tk bisa dicegah ,yg bisa kita lakukan adalah menanamkan anti virus di komputer kita secara terupdate.
Ada banyak macam /jenis virus saat ini yg perlu anda ketahui  diantaranya
  • Boot Virus : Boot Virus adalah virus yg menyerang boot sector pada hard disk.dia akan aktif saat pertama ada arus mengalir pada hard disk.Artinya saat anda hidupkan komputer maka virus ini akan aktif.Tak heran komputer kita ngadat saat kita nyalakan,biasanya tk bisa masuk windows,bolak-balik seputar tampilan windows.
  • Makro Virus: Virus ini selalu menempel di file-file office.Biasanya yg diserang adalah word  processing ato speadsheet sebagai makro sehingga virus ini akan aktif saat makro dieksekusi.
  • Program Virus : Virus ini menempel pada file tertentu.Kebanyakan dia serang file-file yang berextensi seperti .exe,.com,.sys,.dll,sehingga dia akan aktif saat file-file yg berakhiran tersebut di buka/dijalankan.
  • Resident Virus : Virus ini selalu menyusup di memory komputer anda.Dia akan melink dirinya sendiri ke extensi program lain.akibatnya komputer anda blue screen,atau hang atau seolah-olah kondisi memory rusak.
Cara menanggulanginya adalah dengan menanamkan anti virus pada komputer anda.Ada banyak anti virus yg beredar dipasaran.Kalau anda banyak dana beli aja yg original karena kemampuan yangg ori jauh lebih baik dalam mengatasi virus yg ada di komputer anda.Cuma agak mahal sih harganye buat kite-kite.
Yang gratisan jiga bagus kok asalkan sering update aja.Perlu diingat antivirus wajib anda update karena kalau tidak sama aja boong komputer anda tidak safety terhadap virus baru yang muncul.
Update virus fungsinya untuk antisipasi/menangani datangnya virus baru.Hampir tiap hari akan selalu terbentuk virus yg menyebar terutama di dunia internet.
Setiap vendor antivirus akan mengumpulkan virus-virus yg tersebar untuk kemudian dianalisa dan dikasih antinya lewat update antivirus mereka.Lama Update antivirus ditentukan oleh setiap vendor antivirus.Ada yg sebulan sekali atau kurang bahkan ada yg lebih dari sebulan sekali update.
Setiap update anti virus bisa anda lakukan dengan dua cara
  1. lewat jalur internet dengan menuju situs update anti virus yg bersangkutan dan anda download updatenya
  2. lewat komputer anda asalkan punya file updatenya
Yang belum pasang anti virus dan yang belum up date anti virus segera pasang  dan up date  atau anda akan kehilangan data penting lalu edit lagi dari awal? waduh…
Anda bisa pilih anti virus yg nyaman buat komputer anda,silahkan kunjungi masing-masing vendor antivirus dibawah ini:
Masih banyak lagi antivirus yg bisa anda temukan di internet tinggal pilih sesuai selera anda.Kalau saya biasa pake avira atau smadav
Demikian mudah-mudahan informasi sederhana ini manfaat buat anda.Entar saya kasih informasi mengenai malware di posting berikutnya .Yang satu ini tak kalah ganas merusak komputer anda.
tengkyu oll

0 komentar:

Posting Komentar

thank you

Tukar link gratis

Daftar link
By enda fiVers
Fivers

Welcome To My Blog

Welcome To My Blog, semoga sobat blogger bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan di blog saya ini.Silahkan berkomentar dan follow juga blog saya,

About Me

Saye sumaye,Sekarang sedang menjalani kulyah S1 (semester 2)Sistem Komputer Di STIMIK STIKOM BALI

Social Stuff

Me hostgator coupon code